Friday, 25-04-2025
  • Dapatkan Beasiswa : Tahfidz, Prestasi, Putra Guru, Yatim Piatu, Saudara, Kurang Mampu, dan Wilayah Sekitar

Membuat Game Sederhana Menggunakan SCRATCH !

Membuat permainan tangkap aple menggunakan mangkok. langkah kerjanya sebagai berikut

  1. Saat start maka apel akan muncul pada posisi sembarang (random)
  2. mangkok akan berjalan secara vertikal ( sumbu Y)
  3. mangkok digunakan untuk menangkap apel
  4. saat apel menyentuh mangkok, maka apel akan beralih tempat ke tempat lain dengan posisi sembarang ( random ) pada sumbu Y paling atas ( 180 )
  5. saat apel menyentuh mangkok, maka score akan bertambah menjadi 1 poin
  6. menggunakan waktu hitung mundur dimulai dari 60 detik
  7. saat waktu sama dengan 0 maka game selesai

Kurang lebih itu langkah kerja logika dari game kita. yukk kita langsung ke program.

A. Persiapan

siapkan project baru. klik https://scratch.mit.edu/ dan pilih Buat.

pilih latar belakang. saya memilih blue sky

masukan 2 buah sprite Aple dan Bowl

B. Coding APEL

pertama kita buat codingan untuk apel. coding blok berikut untuk apel muncul dan hilang.

Logika kerjanya adalah sebagai berikut:

  • ketika bendera hijau di klik
  • maka apel akan muncul di posisi sembarang pada satu sumbu Y 180. artinya apel muncul di posisi sembarang baris paling atas.
  • code ubah y sebesar -5 akan menggerakan apel bergerak kebawah searah sumbu y dengan pergerakan 5 langkah.
  • jika posisi apel pada sumbu y -170 artinya apel sudah berada pada posisi paling bawah, maka apel akan berpindah posisi ke sembarang (radndom) dengan posisi paling atas ( sumbu y 180 ) hal ini sama dengan langkah kedua namun posisi X nya saja yang berbeda
  • langkah ini akan diulang secara terus menerut game selesai.

Kedua masih pada sprite apel. kita buat coding blok baru untuk menentukan apel menyentuh mangkok dan merubah skor.

sebelum masuk ke logika kerja. kita buat dulu variabel untuk mengatur score. caranya Klik Variabel pada coding blok sebelah kiri dan buat sebuah variabel baru dan tuliskan score pada variabel baru.

ulangi langkah yang sama untuk membuat variabel waktu centang kedua variabel tersebut untuk memunculkan di stage area

Coding Blok untuk apel menyentuh mangkok dan merubah score adalah sebagai berikut:

Logika kerjanya adalah sebagai berikut:

  • ketika bendera di klik
  • variabel score akan memulai di angka 0
  • jika apel menyentuh bowl maka akan muncul suara Pop dan score berubah menjadi 1
  • ketika menyentuh bowl maka apel juga akan menghilang dan berpindah ke posisi sembarang pada sumbu Y 180 atau baris teratas.
  • langkah ini akan diulang secara terus menerus hingga game selesai

Tampilan semua coding blok untuk sprite aple

C. Coding Mangkok

Coding blok ini digunakan untuk menggerakan mangkok ke kanan dan kekiri untuk menangkap apel.

Klik sprite bowl dan masukan coding blok sebagai berikut:

Logika kerjanya adalah sebagai berikut:

  • ketika bendera hijau di klik
  • maka score akan start di angka 0
  • jika tombol kanan pada keyboard di tekan maka posisi mangkok akan bergeser ke kanan searah sumbu X sebesar 10 langkah
  • sebaliknya jika tombol kiri pada keyboard di tekan maka posisi mangkok akan bergeser ke kiri searah sumbu X sebesar 10 langkah
  • langkah ini diulangi secara terus menerus hingga game selesai

D. Coding Latar Belakang

Coding blok latar belakang kita gunakan untuk mengatur waktu permainan.

klik latar dan buat coding blok seperti berikut:

Logika kerjanya adalah sebagai berikut

  • ketika bendera di klik
  • maka waktu akan mulai pada angka 60
  • setelah 1 detik maka waktu akan berubah sebesar -1 dari waktu sebelumnya
  • hal ini akan terus berulang setiap 1 detik hingga waktu sama dengan 0
  • setelah waktu sama dengan 0 maka semua coding berhenti artinya game telah berhenti bekerja.

Nah itu tadi cara membuat game sederhana untuk menangkap apel. anda bisa menggandakan sprite apel agar mendapatkan tampilan apel yang banyak secara acak.

Klik Link ini untuk melihat dan menjalankan game nya.

https://scratch.mit.edu/projects/695994671