SEKILAS INFO
: - Rabu, 07-12-2022
  • 1 bulan yang lalu / Pendaftaran KATS 2022 — Olimpiade Sains, Talent (Pidato, Baca Puisi, Tartil, dan Poster —  16 Okt – 22 Nov 2022  klik : https://bit.ly/registrasi_kats
  • 1 bulan yang lalu / Ikuti dan Rebut Hadiahnya “KATS 2022”

A. Struktur Kurikulum MTs. Al-Yasini Tahun Pelajaran 2022/2023

  1. Struktur kurikulum disusun dengan mengacu pada struktur kurikulum normal yang terdapat dalam SK dan KD. Hanya saja penerapan tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan terutama dalam menjaga jarak antara guru dan peserta didik
  2. Kurikulum MTs  memuat 11 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri 
  3. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana dalam struktur kurikulum
  4. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit
  5. Minggu efekif dalam satu tahun pelajaran adalah 34 -38 minggu

B.    Muatan Kurikulum

1.      Mata pelajaran

Menurut Permendikbud nomor 35 tahun 2018 dan KMA No 183 Tahun 2019 tentang standar isi maka mata pelajaran wajib yang dikembangkan di MTs Al-Yasini  untuk kelas VII dan IX meliputi: Pendidikan Agama yang didalamnya ada mata pelajaran Qurdis,aqidah,Fiqih dan SKI,, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab,Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Seni Budaya, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

  • Muatan Lokal

Muatan lokal MTs Al-Yasini ada dua macam yaitu:

  1. Aswaja

Terintegrasi pada mata pelajaran seni budaya.

Indikatornya adalah siswa memiliki kebudayaan islam ala ahlussunnah waljamaah pada perkataan dan prilakunya

  • BTQ

Terintegrasi pada mata pelajaran kelompok agama

Indikatornya adalah siswa mampu membaca dan menulis sesuai aturan.

Dalam hal ini dikarenakan MTs Al-Yasini terpadu dengan pondok pesantren sehingga terbatas pada pengawalan dan penilaian, sementara proses di serahkan pada lembaga Pendidikan Qur’an (LPQ) sebagai salah satu lembaga pendukung

  • Pengembangan Diri

Adapun bentuk-bentuk kegiatan pengembangan diri adalah sebagai berikut

  1. Melalui Pelayanan Konseling

Jenis Layanan Konseling

  1. Orientasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah/madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang baru.
  2. Informasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.
  3. Penempatan dan Penyaluran, yaitu layanan yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler.
  4. Penguasaan Konten, yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terutama kompetensi dan atau kebiasaan  yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.
  5. Konseling Perorangan, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah pribadinya.
  6. Bimbingan Kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok.
  7. Konseling Kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi melalui dinamika kelompok.
  8. Konsultasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik.
  9. Mediasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antarpeserta didik.
  • Melalui ektrakurikuler
  • Pramuka

Tujuan dalam pramuka adalah :

  1. Sebagai wahana bagi peserta didik untuk berlatih berorganisasi.
  2. Melatih peserta didik untuk terampil dan mandiri.
  3. Seni Baca Al-Qur’an

Tujuan dari diadakannya seni baca Al-Qur’an adalah :

  1. Menghargai dan menghormati kitab Al-Qur`an.
    1. Menumbuhkembangkan sifat cinta terhadap agama khusuanya pada kitab Suci Al-Qur’an.
    1. Melestarikan budaya islami.

Sasaran kegiatan ini adalah kelas VII s.d  kelas IX.

  • Seni Musik ( Albanjari Modern )

Tujuan Seni Musik adalah   :

  1. Melestarikan Budaya islami
    1. Memberikan bekal kecakapan hidup berupa seni qosidah
      1. Menumbuhkembangkan sifat cita terhadap budaya islam

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas VII s.d kelas IX

  • DrumBand

Tujuan dari Kegiatan ini adalah :

  1. Memperkenalkan peserta didik tentang cara mengembangkan kemampuannya
    1. Mengembangkan kemampuan kerjasama peserta didik
    1. Menggali potensi peserta didik dalam seni

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas VII,VIII  dan IX

  • Olahraga (sepak bola dan bola voli)

Tujuan dari kegiatan ini adalah   :

  1. Mengembangkan bakat peserta didik di bidang olahraga
  2. Membiasakan pola hidup sehat jasmani dan rohani

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas VII s.d Kelas IX

  • Pagar Nusa

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Mengembangkan bakat peserta didik dibidang bela diri
    1. Memberikan bekal bela diri pada peserta didik
      1. Melatih kedisiplinan peserta didik

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas VII s.d Kelas IX

  • Palang Merah Remaja

Tujuan dari kegiatan ini adalah

  1. Peserta didik mampu memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan
  2. Menyiapkan kader yang sehat

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas VII s.d Kelas IX

  • Pengaturan Beban Belajar

Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.

  1. Beban  belajar  di  MTs Al-Yasini  dinyatakan  dalam  jam  pembelajaran  per minggu.  Pada masa new normal beban  belajar  satu  minggu  Kelas  VII,  kelas VIII dan kelas IX adalah  46  jam pembelajaran dengan durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 35 menit. 
    1. Perhitungan hari efektif sekolah untuk semester ganjil 120 hari dan untuk semester genap 140 hari. Hari efektif fakultatif 15 hari.
    2. Perhitungan pekan efektif semester ganjil 20 minggu dan smester genap 21 minggu,  sesuai dengan aturan paling sedikit 38 minggu
    3. Libur sekolah diputuskan pada hari jum’at setiap minggunya
  • Kegiatan  Projek  Profil  Pelajar  Pancasila dan Rahmatan Lil alamin (untuk kelas 7)
    • Contoh tabel perencanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MTs Al-Yasini pada tahun ajaran 2022/2023.

b. contoh tema umum projek P5 dan P2RA

c. Tabel Susunan Tim Fasilitasi Projek Profil Pelajar Pancasila dan P2RA

Pengumuman Terbaru

Ikuti dan Rebut Hadiahnya “KATS 2022”

Agenda Terbaru