Monday, 14-10-2024
  • Dapatkan Beasiswa : Tahfidz, Prestasi, Putra Guru, Yatim Piatu, Saudara, Kurang Mampu, dan Wilayah Sekitar

Tugas Kepala Madrasah Sebagai Pembina Siswa

Diterbitkan :

Kepala Madrasah merupakan salah satu bagian penting dalam struktur komite madrasah di dalam suatu madrasah, baik dari tingkat pendidikan dasar, hingga tingkat pendidikan menengah. Dari jenjang pendidikan SD/MI hingga SMA/MA ini, kita sudah tentu mengenal istilah kepala madrasah ini, yaitu guru yang diberi tugas dan juga amanah sebagai pemimpin yang menjalankan segala bentuk kegiatan madrasah, baik kegiatan operasional, maupun kegiatan non-operasional yang berhubungan dengan madrasah dan strukturnya.

Dalam pelaksanaannya, kepala madrasah memiliki banyak sekali tugas dan juga wewenang, serta fungsi-fungsi. Berikut ini adalah beberapa tugas dan fungsi kepala madrasah :

  1. Fungsi Manajerial

Fungsi pertama yang dimiliki oleh seorang kepala madrasah adalah fungsi manajerial. Fungsi manajerial ini merupakan fungsi penting dari kepala madrasah, karena kepala madrasah dituntut untuk mampu dan juga handal dalam memanage serta mengatur setiap kegiatan, dan juga perangkat yang berada di dalam lingkungan madrasah tempat dia memimpin.

Sudah banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa fungsi manajerial dari seorang kepala madrasah memiliki pengaruh yang positif terhadap keseluruhan kegiatan madrasah dan juga perangkat madrasah, mulai dari suasana belajar mengajara yang kondusif, prestasi akademik, hingga meningkatnya kinerja dari guru yang mengajar.

Sebagai perangkat madrasah yang memiliki fungsi manajerial, kepala madrasah memiliki beberapa tugas penting yang harus mampu dan juga bisa untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tugas kepala madrasah apabila dilihat dari fungsi manajerialnya :

  • menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
  • mengembangkan organisasi madrasah sesuai dengan kebutuhan
  • memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal
  • mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
  • menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
  • mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
  • mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
  • mengelola hubungan madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar dan pembiayaan madrasah
  • mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru , dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik
  • mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
  • mengelola keuangan madrasah dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan dan efisien
  • mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah
  • mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah
  • mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
  • memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah
  • melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat serta merencanakan tindak lanjutnya
  1. Fungsi Perencanaan

Fungsi dari jabatan kepala madrasah yang kedua adalah fungsi perencanaan. Fungsi perencanaan merupakan fungsi yang juga tidak kalah penting dengan fungsi manajerial. Pada fungsi ini, setiap kepala madrasah dituntut untuk mampu membuat dan menyusun perencanaan kegiatan, baik kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstra kulikuler, kegiatan pelatihan para guru dan staff, serta berbagai perencanaan lainnya yang menyangkut masa depan madrasah yang dipimpinnya.

Ketika seorang kepala madrasah tidak mampu untuk menjalankan fungsi perencanaannya dengan baik, maka hal ini akan menyebabkan perjalanan madrasah tersebut akan terganggu, dan tentu saja akan berdampak buruk bagi madrasah itu sendiri dan akan menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan.

 

Adapun, tugas kepala madrasah yang bisa kita lihat dari segi fungsi perencanaan ini adalah :

  • Melakukan perencanaan keuangan, dengan mengusulkan dan mengesahkan anggaran belanja dan juga anggaran pendapatan madrasah
  • Ikut terlibat dalam menentukan besaran uang madrasah yang harus dibayarkan murid per bulannya
  • Terlibat aktif dalam rapat bersama dengan dinas pendidikan serta pemilik madrasah untuk membahas perencanaan madrasah
  • Menjalankan kurikulum yang berlaku di madrasah tersebut
  • Melaksanakan dan mengaplikasikan visi misi dari madrasah yang dipimpinnya
  • Melakukan perencanaan terhadap staff, seperti pengembangan karir staff, penambahan staff, evaluasi staff, dan sebagainya
  • Menyusun target kerja yang harus dicapai oleh seluruh perangkat madrasah, paling tidak selama satu tahun ajaran yang akan datang
  • Meningkatkan dan memaksimalkan fasilitas yang dimiliki oleh madrasah
  1. Fungsi Pengawasan

Kepala madrasah juga memiliki fungsi penting lainnya, yaitu fungsi pengawasan. Dalam hal ini, kepala madrasah memiliki peran, fungsi dan juga wewenang dalam menegakkan keadilan, dan juga peraturan yang berlaku di lingkungan madrasahnya. Selain itu, kepala madrasah juga wajib mengawasi setiap kegiatan madrasah, yang dilakukan di dalam lingkungan madrasah, ataupun di luar lingkungan madrasah yang membawa nama baik madrasah.

Fungsi pengawasan ini meskipun terkesan mudah, namun sebenarnya sulit untuk dilakukan, karena melalui fungsi pengawasan ini, kepala madrasah dituntut untuk menjadi individu yang lebih objektif dan juga adil dalam melakukan pengawasan, baik pemberian sanksi, hukuman, ataupun reward kepada setiap perangkat madrasah.

Berikut ini adalah tugas dari kepala madrasah yang berhubungan dengan fungsi pengawasan kepalamadrasah :

  • Menyusun aturan dan juga tata tertib bagi guru, staff, dan juga murid secara adil dan objektif
  • Memberikan sanksi tegas dan nyata kepada seluruh perangkatmadrasah yagn melanggar peraturan
  • Menjaga agar setiap perangkatmadrasah, seperti guru, staff dan juga murid dapat membawa nama baik dan juga martabat madrasah ketika berada di luar lingkungan madrasah
  • Berperan aktif dalam forum kepala madrasah untuk meningkatkan pengawasan terhadap siswa, agar tidak terlibat berbagai macam hal dan juga kegiatan yang melawan hukum dan macam macam norma yang berlaku
  • Mendelegasikan fungsi kepengawasan kepada beberapa guru yang berwenang, seperti wakil kepalamadrasah, atau ketua bidang keamanan madrasah
  • Memastikan bahwa madrasah adalah lingkungan yang aman dan nyaman bagi siapapun yang berada di dalamnya

 

  1. Fungsi Dukungan dan fungsi sosial

Kepala madrasah juga dituntut memiliki fungsi dukungan dan juga fungsi sosial bagi setiap perangkatnya. Hal ini berarti, setiap kepala madrasah memiliki kewajiban untuk memberikan dukungan kepada setiap perangkatnya, dan juga berlaku adil dan memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan.

Berikut ini adalah beberapa tugas kepala madrasah yang berhubungan dengan fungsi sosial dan juga dukungan :

  • Memberi bantuan dana bagi perwakilan madrasah yang akan mengikuti perlombaan dan kompetisis
  • Mendukung hasil inovasi yang dibuat oleh siswa
  • Memberikan bantuan beasiswa bagi siswa yang berprestasi
  • Membantu memberikan dukungan moral bagi siswa dan perangkat madrasah yang sedang mengalami masalah
  • Memfasilitasi madrasah dengan pihak luar madrasah dalam menyelesaikan masalah atau mendiskusikan topic tetentu.

Demikian adalah informasi mengenai tugas dan fungsi kepala madrasah

Penulis : Ciuss Creative

Tulisan Lainnya

Sambutan Kepala Madrasah

Dibaca : 491 kali